Efisiensi penggunaan keuangan, BKPAD gelar Bimtek penyusunan laporan keuangan bagi bendahara penerimaan dan pengurus barang SKPD

Berita Opd | Kamis, 31 Januari 2019
efisiensi-penggunaan-keuangan-bkpad-gelar-bimtek-penyusunan-laporan-keuangan-bagi-bendahara-penerimaan-dan-pengurus-barang-skpd

Ngabang - Untuk memperbaiki sistem penyusunan laporan keuangan tahun 2019, Bidang Aset dan Akuntansi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Landak menggelar Bimbingan Teknis penyusunan laporan keuangan pada hari Kamis 31 Januari 2019.
 
Peserta yang diundang merupakan bendahara penerimaan dan pengurus barang SKPD seluruh SKPD se-kabupaten Landak dengan narasumber dari BPKP provinsi Kalimantan barat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Landak Benediktus dalam arahannya menyampaikan bahwa setiap SKPD wajib mengikuti kegiatan tersebut, mengingat hal ini sangat penting bagi bendaharanya.

"Kami dari BPKAD berharap tidak lagi terjadi keterlambatan dalam menyampaikan laporan keuangan, misalnya untuk Uang Persediaan (UP) maka harus lancar karena bila tidak kami bisa saja diperbolehkan untuk menahan UP di setiap SKPD jika masih ada laporan yang belum disampaikan," pinta Benediktus.

Sementara itu Azis Kusori selaku narasumber BPKP provinsi Kalimantan Barat mengingatkan agar setiap laporan keuangan harus sesuai dan akurat, agar proses penyusunan laporan akan semakin cepat dan tepat. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dan praktek menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) terkait pelaporan keuangan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

"Perlu diketahui bahwa laporan keuangan umumnya harus akurat, jangan sampai ada kekeliruan dalam angkanya. Karena meskipun angka tersebut kecil tapi akan berpengaruh pada finalisasi laporan. Maka dari itu bendahara harus teliti dalam mengelola serta menyusun laporan keuangan, bila memang ada kekeliruan meskipun sedikit nantinya bendahara juga yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya" jelas Azis.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menegaskan bahwa penyusunan laporan keuangan untuk SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak harus dilakukan secara bekerjasama dengan saling berkoordinasi antar SKPD untuk memberikan laporan keuangan yang  akurat, cepat dan tepat waktu.

“Saya tegaskan kepada seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Landak agar saling berkoordinasi dalam melakukan laporan keuangannya serta untuk para bendahara agar dapat akurat, cepat dan tepat waktu dalam menyusun laporan keuangan. Hal ini kita lakukan agar kinerja Pemerintah Kabupaten Landak semakin baik lagi,” Tegas Karolin.

Pers Rilis : Media Center
Editor: Admin
Beberapa teman anda belum membaca berita ini, kirim kepada mereka :


Profil / FAQ / Tautan / Kontak
Hak Cipta © 2019 - 2020 Media Center